Diberdayakan oleh Blogger.

--Selamat Datang--

Tips Agar Sukses Beternak Itik Petelur

Dalam beternak itik, merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. sebelum kita melanjutkan bagaimana cara sukses dalam beternak itik khususnya itik betelur. itik termasuk hewan jenis unggas yang hidup di air tawar dan rawa, itik di budidayakan untuk di hasilkan telurnya, ada juga di budidayakan untuk menghasilkan daging yang di kenal itik pedaging.

dalam kebutuhan telur itik yang semakin meningkat di indonesia. membuat peluang beternak itik terbuka lebar bagi yang ingin sukses dalam beternak itik. selain keuntungan yang menggiurkan dari hasil telur itik, juga mempunyai nilai ekonomis lainnya, misalnya daging itik yang sekarang di kenal dengan makanan bebek goreng, dan dari segi kotoran itik, dapat di di jual gunakan untuk pupuk untuk pertanian.

baiklah mari kita lanjutkan tips cara beternak itik khususnya itik betelur, hal pertama yang harus di perhatikan adalah :

1.Pemilihan Lokasi Dalam Beternak Itik
pemilihan lokasi dalam beternak itik sangta mutlak di lakukan, jangan sampai usaha yang kita rintis di demo oleh warga sekitar. usahakan memilih lokasi jauh dari keramaian. agar itik yang kita pelihara tidak stress, ataupun masyarakat sekitar tidak melakukan protes, sebab lokasi beternak itik biasanya mempunyai aroma bau tidak sedap dan selalu becek.

2. Perhatikan Sarana Transportasi Yang memadai.
dalam poin satu, saya menjelaskan bagaimana kita beternak tidak menganggu tetangga dengan aroma bau tidak sedap yang di hasilkan dari kandang atau lokasi ternak tersebut. namun dari sisi transportasi perlu juga di perhatikan, jangan sampai pemilihan lokasi ternak itik susah di tempuh, ini akan merugikan dalam pemasaran. usahakan lokasi ternak itik memiliki akses jalan yang bagus, supaya dapat di jangkau oleh konsumen atau pembeli yang ingin membeli telur / daging itik. selain itu jika lokasi susah di tempuh, akan menyulitkan kita sebagai pengelola ternak dalam mengantarkan pakan, dan penjualan ke luar ternak.

3.Penyiapan Kandang Untuk Itik
ada dua jenis kandang untuk itik betelur, pertama membuat kandang yang di peruntukan untuk itik yang tidak di lepas. kalau itik yang di ternak di kandang, buatlah kandang yang sebagian atapnya terbuka, dan pada atap yang terbuka di buatkan kolam untuk berenang. sedangkan untuk itik lepas, buatlah kandang yang memiliki atap tertutup, karena itik yang di lepas biasanya akan masuk kandang pada petang hari.

selain itu perhatikan juga populasi itik, jangan sampai kandang yang di bangun terlalu sempit, buatlah ruang gerak itik agar itik tidak mengalami stress, dari segi pentilasi udara, usahakan bagian dinding kandang itik di beri rongga udara, tujuannya suapaya tidak menimbulkan penyakit.

4.pemilihan bibit itik
untuk pemilihan bibit itik, carilah yang memang kualitas nomor satu, jangan sampai anda tergiur dengan harga murah, namun hasilnya di bawah target, untuk hal ini sebaiknya di konsultasikan dengan dinas terkait yaitu dinas peternakan dan pertanian setempat untuk mendapatkan rekomendasi bibit unggul itik. namun secara umum bibit unggul itik dapat dilihat dari kasat mata. yaitu pilihlah itik yang mempunyai bobot normal, dan lincah. perlu juga perhatikan bentuk fisik dari itik, jangan sampai ada yang cacat.untuk lebih jelasnya tentang Jenis Jenis Bibit Unggul Itik Untuk Ternak

5.Pemberian pakan
di dalam beternak itik, pemberian pakan bagi itik yang tidak di lepas lebih banyak dari pada itik yang di lepas/ yang di pelihara di luar kandang. karena itik yang di dalam kandang, hanya bergantung pada pakan ternak, berbeda dengan itik yang di ternak di luar kandang, selain dapat dari pakan ternak, juga mendapat pakan dari alam misalnya siput, rumput, ikan kecil lainnya.

dalam pemberian pakan ternak, perlu di perhatikan kualitas pakan ternak, berilah pakan ternak sesuai dengan umur itik. biasanya itik umur satu bulan masih di beri pakan dedak, dan belum bisa di lepas ke luar kandang.
agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberian pakan, sebaiknya bagi anda yang ingin beternak itik bisa di konsultasikan dengan dinas peternakan terkait.

6.Penanganan Kesehatan
penyakit itik terbagi dua, yaitu penyakit tidak menular misalnya, stress, kekurangan vit A yang menyebabkan lamban dalam pertumbuhannya,kelumpuhan di akibatkan kekurangn vitamin untuk tulang yaitu vit d, dan penyakit yang di sebabkan oleh makanan, misalnya memakan jamur racun, atau makan ikan bangkai, dan air di sekitar ternak mengandung kadar garam yang tinggi.

sedangkan penyakit menular bisa di sebabkan oleh virus atau bakteri antara lain bakteri Pasteurela Avicia biasanya virus ini cepat berkembang pada kandang yang terlalu lembab. selain itu virus yang biasa menyerang itik, yaitu virus cacar yang di tandai dengan benjolan yang terdapat di kaki dan kepala. dan masih banyak lagi penyakit virus yang menular. untuk mengatasinya, selalu beri pakan yang baik, dan penyemprotan untuk membunuh dan menghambat perkembangan bakteri/ virus serta jamur.

7.Panen

dalam panen itik biasanya setiap hari menghasilkan telur, usahakan semua alat untuk panen telah siap, jangan sampai telur yang di hasilkan terlalu lama di dalam kandang, serta telur itik harus segera di pasarkan. telur itik usahakan di letak di pre dengan suhu yang normal, persiapkan alat transportasi yang memadai dan efisien. agar tidak merusak kualitas telur yang di hasilkan.

baiklah hanya itu yang bisa saya sampaikan dalam tulisan Tips Agar Sukses Beternak Itik Petelur, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori itik / ternak dengan judul Tips Agar Sukses Beternak Itik Petelur. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://intips-wirausaha.blogspot.com/2014/07/tips-agar-sukses-beternak-itik-petelur.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Rabu, 16 Juli 2014

Belum ada komentar untuk "Tips Agar Sukses Beternak Itik Petelur"

Posting Komentar